Sidang Promosi Doktor Dr. Ir. Denny Parningotan Sinaga, ST.MT.

Bandung- Selasa, 24 September 2019, (14.30) Bertempat di Gedung A Lt.2 Program Doktor Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran kembali melaksanakan Sidang Promosi Doktor, pada kesempatan ini Denny Parningotan Sinaga yang merupakan mahasiswa Doktor Program Studi Ilmu Pemerintahan dan sebagai Kepala Bidang Pengendalian dan Informasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Selatan, resmi menyandang gelar Doktor di Universitas Padjadjaran, setelah menyelesaikan sidang promosi doktor.

Sidang  Promosi Doktor dipimpin oleh Ketua Sidang Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, Sekretaris Sidang Dr. Dra. Dede Sri Kartini, M.Si., Ketua Tim Promotor Prof. Dr. Drs. H. Dede Mariana, M.Si. (Alm) Anggota Tim Promotor Prof. Dr. H. Nandang Alamsah Deliarnoor, S.H.,M.Hum. dan Dr. NenengYani Yuningsih, S.IP.,M.Si. serta tim Oponen Ahli/Penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Drs. H. Utang Suwaryo, M.A., Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata dan Dr. Dra. Hj. Ika Mardiah, M.Si. Representasi Guru Besar Prof. Dr. Drs. H. Sam’un Jaja Raharja, M.Si. Disertasi yang disusun berjudul “Tata Kelola Pemerintahan Desa Kurau Utara dalam Pengadaan Barang dan Jasa Desa (Studi di Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2015-2017)” yang dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan.

 Disertasi yang diujikan menurut Denny Parningotan Sinaga, Berdasarkan UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa, pemerintah desa diamanatkan dan diberi kewenangan untuk melaksanakan kegiatan pembangunan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, pemerintahan dan sosial kemasyarakatan. Kewenangan tersebut disertai dengan besarnya anggaran negara bagi desa ini khususnya pembangunan melalui proses pengadaan barang dan jasa desa berimplikasi pada maraknya fenomena korupsi di tingkat desa. Fenomena korupsi pengadaan barang dan jasa di tingkat desa ini sudah mulai terungkap seiring tuntutan transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana desa, dimana salah satu pemerintahan desa yang terjerat dan terbukti kasus korupsi pengadaan barang dan jasa desa pada tahun 2017 adalah pemerintahan desa Kurau Utara di Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan.

Penelitian ini membehas tentang bagaimana tata kelola pemerintahan (Governance) dalam pengelolalan dana desa untuk pengadaan barang dan jasa ditingkat desa dan langkah-langkah untuk mencegah/mengurangi tindakan korupsi di tingkat desa. Untuk menjawab pertanyaan ini digunakan teori Governace dari Goran Hyden (1992). Menurut Goran Hyden, Governance ditentukan oleh dimensi aktor, dimensi struktural dan dimensi empirik. Penelitian ini juga menggunakan teori Brian C. Smith (2017) tentang Good Governace dimana dimensi-dimensi Good Governace tersebut diantaranya ditentukan oleh dimensi erating corruption, dimensi rule of low dan dimensi transparansi. Untuk menjawab pertanyaan penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif (qualitative research) dengan pendekatan deskriptif. Penggunaan metode ini dimaksudkan untuk memahami dan mendeskripsikan bagaimana tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dalam pengadaan barang dan jasa desa serta menemukan gagasan mengapa dimensi eraditing corruption (pencegahan korupsi), rule of low, dan transparansi diperlukan. 

Tata kelola pemerintahan Desa Kurau Utara dalam pengadaan barang dan jasa desa dijalankan dengan buruk oleh Pejabat di Desa yakni Plt. Kepala Desa beserta perangkatnya dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kurau Utara sehingga mengakibatkan terjadinya kasus korupsi di Desa Kurau Utara. Tata Kelola pemerintahan desa jika dilaksanakan dengan baik dan sesuai seperti yang dikemukakan Brian C. Smith (2007) khususnya dalam pengadaan barang dan jasa tersebut dapat mencegah/mengurangi terjadinya tindakan korupsi. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa korupsi pada pengadaan barang dan jasa di desa Kurau Utara terjadi karena tidak dipatuhinya dimensi-dimensi baru dari Smith.

kata kunci: Tata Kelola Pemerintahan, Korupsi, UU Desa, Pemerintahan Desa, Pengadaan Barang dan Jasa.

Selamat kepada Dr. Ir. Denny Parningotan Sinaga, ST.MT. semoga Gelar dan Ilmu yang didapatkan dapat berguna bagi dunia pendidikan, dan memajukan dunia pendidikan serta instansi tempat mengabdi.

(Oleh : Komar K, Kusman R. /Humas FISIP Unpad)

http://pps.fisip.unpad.ac.id