Sidang Promosi Doktor Dr. Khairunsyah Purba, S.Sos., M.Si.

Bandung-Jumat, 31 Januari 2020 (09.00), Bertempat di Gedung A Lt.2 Program Pascasarjana FISIP Unpad, Program Doktor Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran kembali melaksanakan sidang Promosi Doktor, pada kesempatan ini Khairunsyah Purba yang merupakan mahasiswa Doktor Program Studi Ilmu Administrasi Publik dan sebagai Dosen Tetap pada Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, resmi menyandang gelar Doktor di Universitas Padjadjaran, setelah menyelesaikan ujian terbuka.

Sidang Promosi Doktor dipimpin oleh Ketua Sidang Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, Sekretaris Sidang Ida Widianingsih, S.IP., M.A., Ph.D., Ketua Tim Promotor  Dr. Drs. H. Herijanto Bekti, M.Si. Anggota Tim Promotor Dr. Dra. Hj. Sintaningrum, M.T, dan Dr. Dra. Hj. R. Ira Irawati, M.Si. serta tim Oponen Ahli/Penguji yang terdiri dari Dr. Drs. H. Heru Nurasa, M.A. Dr. Nina Karlina, S.IP., M.Si. dan Ida Widianingsih, S.IP., M.A., Ph.D. Representasi Guru Besar Prof. Drs. Muhammad Fadhil Nurdin, M.A., Ph.D. Disertasi yang disusun berjudul “Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kota Pekanbaru”, yang dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.

Disertasi yang diujikan menurut Khairunsyah Purba, Penelitian ini difokuskan  untuk mengungkap kualitas pelayanan administrasi kependudukan di kota pekanbaru dengan membandingkan dua kecamatan yang berbeda. Pelayanan administrasi kependudukan merupakan rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dan penerbitan dokumen dan data kependudukan yang bersifat terus menerus. Dengan   pelayanan publik yang berkualitas akan meningkatkan kepuasan warga dan mewujudkan validitas administrasi kependudukan.

Tehnik analisis data untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini, menggunakan  multi group analisis yaitu membandingkan kualitas pelayanan di dua kecamatan yang berbeda dengan analisis persamaan struktural (SEM) dan pendekatan  Partial Least Squre (PLS). Responden dalam penelitian ini sebanyak 200 responden yang dibagi dalam dua kecamatan yang berbeda ditentukan dengan tehnik Slovin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian kualitas pelayanan administrasi kependudukan yang diteliti melalui sepuluh dimensi ; Acces, komunikasi, administratif system, flexible & speedy, receiptivity, competence, politeness & kindness, credibility, reliability & responsibility and tangible aspects merupakan unsur yang relevan, artinya bahwa kesepuluh unsur tersebut tepat digunakan untuk menilai pelayanan administrasi kependudukan di kecamatan Sail dan kecamatan Tampan kota pekanbaru. Konsep baru yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah pemberian bobot yang berbeda antara dua kecamatan yang berbeda, kebijakan dan teknologi pelayanan.

Kata Kunci: kualitas pelayanan, pelayanan publik, administrasi kependudukan, kepuasan

Selamat kepada Dr. Khairunsyah Purba semoga gelar dan ilmu yang didapatkan dapat berguna bagi dunia pendidikan, dan memajukan dunia pendidikan serta instansi tempat mengabdi.

(Oleh : Komar K., Kusman R. /Humas FISIP Unpad)

http://pps.fisip.unpad.ac.id