e-mail :

Magister Administrasi Publik

Magister Administrasi Publik

Program Magister dan Doktor di lingkungan Universitas Padjadjaran dimulai sejak keluarnya Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 549/DIKTI/Kep/1993 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program Studi Magister dan Doktor di Universitas Padjadjaran yang salah satunya memberikan ijin  penyelenggaraan program studi Ilmu Sosial sebagai Program Magister (S2) pada Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran dan Sosiologi sebagai Program Doktor (S3) pada Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran.

Program Magister yang dibawah pengelolaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berkampus di Jl. Bukit Dago Utara No. 25 Bandung 40135, mulai mengadakan Program Magister untuk Bidang Kajian Utama (BKU) Magister Administrasi Bisnis pada tahun 2002-2003 melalui Keputusan Direktur Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran No. 1300/J06.10.PPs/Kep/PP/2002 di bawah naungan Program Studi Magister Ilmu Sosial. Selanjutnya, pada tahun 2003 dibentuklah Bidang Kajian Utama (BKU) Magister Ilmu Politik melalui Keputusan Direktur Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran No. 1129a/J06.10.PPs/Kep/PP/2003 di bawah naungan Program Studi Magister Ilmu Sosial.

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran No. 1221b/J06/Kep/PP/04 tentang Pengalihan Secara Bertahap Serempak Pengelolaan Pendidikan Pascasarjana dari Program Pascasarjana kepada Fakultas di Lingkungan Universitas Padjadjaran memutuskan pengelolaan administrasi akademik pendidikan Pascasarjana diserahkan kepada Fakultas yang bersangkutan dimulai dari dikeluarkannya surat ini, sehingga terjadi perubahan kebijakan dimana pengelolaan Program Magister Ilmu Sosial yang tadinya di bawah tanggung jawab Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran dialihkan  pengelolaannya ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dengan demikian, kelas reguler Bidang Kajian Utama (BKU) yang berada di bawah naungan Magister Ilmu Sosial, yaitu Ilmu Administrasi, berubah menjadi Konsentrasi Administrasi Bisnis dan Konsentrasi Administrasi Publik. Sedangkan Antropologi-Sosiologi berubah menjadi Konsentrasi Antropologi dan Konsentrasi Sosiologi, yang ditambah dengan Konsentrasi Kebijakan Publik serta Konsentrasi Studi Pemerintahan. Pada kelas reguler ini kemudian dibentuk 2 Konsentrasi tambahan, yaitu Konsentrasi Hubungan Internasional dan Konsentrasi Kesejahteraan Sosial. Sedangkan pada kelas non-reguler Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, hingga saat ini hanya menyelenggarakan 4 Konsentrasi yaitu: Administrasi Bisnis, Administrasi Publik, Studi Pemerintahan, dan Ilmu Politik.

Kemudian pada tahun 2009 berdasarkan surat dari Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 1500/D/T/2009 tentang Ijin Penyelenggaraan Program-program Studi Baru pada Universitas Padjadjaran di Bandung menetapkan ijin penyelenggaraan beberapa program studi Pascasarjana (S2) yaitu Ilmu Antropologi, Administrasi Publik, Administrasi Bisnis, Sosiologi, dan Ilmu Politik di Universitas Padjadjaran.

Visi

Menjadi lembaga pendidikan pascasarjana yang memiliki komitmen terhadap keunggulan dalam bidang pengelolaan organisasi dan pemerintahan yang mampu menghasilkan lulusan sebagai ahli kebijakan dan ahli manajerial dalam organisasi publik dalam menjawab tantangan perkembangan di tingkat nasional maupun global.

Misi

Program Studi Pascasarjana  Administrasi Publik memiliki misi sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pendidikan pascasarjana bidang administrasi yang bermutu dalam rangka menghasilkan lulusan yang berdaya saing secara moral, etika, tanggung jawab sosial maupun akademis konseptual dan praktis–manajerial yang bermanfaat bagi masyarakat.
  2. Melaksanakan manajemen pendidikan pascasarjana dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (quality assurance).
  3. Menerapkan sistem manajemen profesional pendidikan pascasarjana berbasis transparansi dan akuntabilitas untuk menciptakan hubungan kelembagaan yang efektif dan efisien.
  4. Menjalin hubungan kerja sama secara berkesinambungan dengan menerapkan prinsip kesetaraan, kemitraan dan saling percaya.
  5. Menghasilkan lulusan atau sumberdaya manusia sebagai aparatur negara dan pemerintahan yang profesional, berbudaya dan berkepribadian kuat dan mandiri.

Tujuan

Program Studi Pascasarjana  Administrasi memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan Ilmu administrasi sebagai perwujudan dan antisipasi dari perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan masyarakat yang mengalami perkembangan sangat komplek dan kritis terhadap persoalan-persoalan administrasi dan kebijakan publik.
  2. Mendorong terciptanya proses penyelenggaraan pendidikan yang professional, berkualitas dengan mengacu pada standar mutu yang tinggi, akan tertuang dalam kurikulum dan silabi serta dijabarkan pada konsentrasi kebijakan publik.
  3. Membangun budaya ilmiah, dan budaya kerja yang professional berlandaskan pada semangat kekeluargaan guna meningkatkan kinerja kelembagaan dan kesejahteraaan bersama.
  4. Menyiapkan SDM yang diharapkan mampu secara proaktif berperan dalam pembangunan nasional dan relevan dengan kepentingan masyarakat, diwujudkan dengan turut merencanakan, merumuskan, menganalisis, melaksanakan, mengendalikan dan mengevaluasi kebijakan publik secara cepat, efektif dan efisien.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan bersaing dengan komitmen yang tinggi, professional, kritis, terutama yang berkaitan dengan hubungan antara negara dan masyarakat.
  6. Menghasilkan Magister Ilmu Administrasi yang mampu membuat kebijakan publik serta memberikan analisisnya.

Sasaran

Sasaran yang ingin dicapain oleh Program Pascasarjana Administrasi Publik :

  1. Tercapainya penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara continous improvement.
  2. Tercapainya penyelenggaraan dan pengembangan public administration yang berorientasi pada kebuuutuhan masyarakat dalam bentuk pengambilan keputusan dan sarana pengembangan karier akademik maupun birokrasi.
  3. Tercapainya penyelenggaraan dan pengembangan public administration yang adaftif dengan daya saing yang tinggi pada masyarakat, yaitu mampu beradaptasi dari suatu proses perubahan.

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Program Pascasarjana Magister  terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Sertifikat akreditasi program Magister berlaku sejak 11 Oktober 2014 sampai dengan 10 Oktober 2019

S2 Program Magister

 

 

 

Untuk dapat mengunduh file dengan resolusi tinggi, silahkan unduh di sini: Magister