Ilmu Administrasi

Visi 

Program Doktor Ilmu Adminisrasi FISIP Universitas Padjadjaran mempunyai visi :Menjadi lembaga pendidikan Pascasarjana yang memiliki komitmen terhadap keunggulan dalam bidang pengelolaan organisasi dan pemerintahan yang mampu menghasilkan lulusan sebagai ahli kebijakan dan ahli manajerial dalam organisasi public dan dunia bisnis dan pengelolaan sumberdaya ekonomi pada perusahaan baik perusahaan Negara maupun swasta dalam menjawab tantangan perkembangan di tingkat nasional maupun global.

 

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan Pascasarjana bidang Administrasi yang bermutu dalam rangka menghasilkan lulusan yang berdaya saing secara moral, etika, tanggung jawab sosial maupun akademis konseptual dan praktis – manajerial yang bermanfaat bagi masyarakat.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna menopang pendidikan Pascasarjana dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri dan masyarakat pada umumnya.
  3. Melaksanakan manajemen pendidikan Pascasarjana dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (quality assurance).
  4. Menerapkan sistem manajemen profesional pendidikan Pascasarjana berbasis transparansi dan akuntabilitas untuk menciptakan hubungan kelembagaan yang efektif dan efisien.
  5. Menjalin hubungan kerja sama secara berkesinambungan dengan menerapkan prinsip kesetaraan, kemitraan dan saling percaya.
  6. Menghasilkan lulusan atau sumberdaya manusia sebagai aparatur negara dan pemerintahan yang profesional, berbudaya dan berkepribadian kuat dan mandiri.

 

Tujuan

Menghasilkan lulusan Doktor Ilmu Administrasi  yang memiliki pemahaman intelektual,  kemampuan manajerial dan kompetensi teknis dalam pengelolaan pemerintahan maupun organisasi bisnis. Dengan pemahaman, kemampuan dan kompetensi tersebut seorang lulusan Doktor Ilmu Administrasi dapat bersaing dipasar kerja

 

Kualifikasi Kompetensi Yang Diharapkan

Tingkat persaingan sumber daya manusia (SDM) di pasar kerja nasional maupun internasional terus meningkat seiring dengan peningkatan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi baru pada berbagai bidang dunia usaha, serta kebutuhan tingkat profesionalisme (knowledge, hard skills, soft skills) yang semakin tinggi.

Usaha peningkatan kualitas lulusan perguruan tinggi di Indonesia berbeda dengan masa sebelumnya karena pasar terbuka (open market) telah menyebabkan penetrasi tenaga kerja dari luar negeri akan semakin besar, sehingga persaingan di tingkat nasional tidak lagi terjadi hanya antar lulusan perguruan tinggi nasional saja, melainkan juga antar lulusan perguruan tinggi nasional dengan lulusan perguruan tinggi dari luar negeri.

Semua perguruan tinggi terikat pada satu tujuan sebagaimana dirumuskan dalam Visi 2010 Pendidikan Tinggi Indonesia, yaitu pada tahun 2010 telah dapat diwujudkan sistem pendidikan tinggi, termasuk perguruan tinggi yang sehat, sehingga mampu memberikan kontribusi pada daya saing bangsa, dengan ciri :

  1. Berkualitas
  1. Pendidikan tinggi berorientasi pada pemenuhan kebutuhan mahasiswa, sehingga mampu mengembangkan kapabilitas intelektual mahasiswa untuk menjadi warganegara yang bertanggungjawab, dan mampu berkontribusi pada daya saing bangsa.
  2. Kegiatan penelitian dan program pascasarjana mampu berfungsi sebagai inkubator yang membantu pengembangan :
  • Sistem pengelolaan instansi pemerintah dan bisnis berbasis ilmu pengetahuan yang mampu beradaptasi dan berkelanjutan
  • Pengintegrasian teknologi termaju untuk memak-simalkan akses dan penerapan ilmu pengetahuan mutakhir;
  1. Memberi akses dan berkeadilan

Sistem pendidikan tinggi yang mampu:

  1. Memberikan kesempatan kepada semua warga-negara untuk mengikuti proses pembelajaran yang tak berbatas;
  2. Mengilhami dan memungkinkan individu mengembangkan dirinya sampai pada peringkat tertinggi sepanjang hidupnya;
  3. Dengan demikian, mereka dapat tumbuh secara intelektual dan emosional, terampil untuk bekerja, mampu berkontribusi kepada masyarakat, dan mampu memenuhi kebutuhan pribadinya.
  1. Otonomi

Peraturan perundang-undangan, struktur keuangan dan proses manajemen yang mendorong pembaharuan, efisiensi, dan keunggulan sesuai dengan visi 2010 Pendidikan Tinggi Indonesia, yang perlu diturunkan dalam rumusan visi institusional masing-masing perguruan tinggi sesuai dengan kesiapan, kemampuan, serta situasi dan kondisi dimana perguruan tinggi tersebut berada.

 

Profil Kompetensi

Dari hasil analisis kebutuhan (needs assessment) berdasarkan hasil audiensi terhadap beberapa instansi pemerintahan dan perusahaan swasta  di beberapa kota dan Kabupaten di Jawa Barat, diperoleh gambaran mengenai profil kompetensi lulusan S-3 Ilmu Administrasi  yang dibutuhkan oleh pemerintahan dan dunia usaha antara lain memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  1. Memiliki kepribadian nasional Indonesia yang mantap dan berjiwa mandiri serta sikap professional dengan berwawasan global.
  2. Memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang Ilmu Administrasi Publik dan Bisnis;
  3. Memiliki kemampuan mengelola sumber-sumber daya terkait dengan Administrasi Publik dan  Administrasi Bisnis;
  4. Menguasai kompetensi akademik berupa berbagai teori, konsep dan metodologi penelitian, pengkajian dan analisis yang relevan dengan administrasi publik dan bisnis 
  5. Mempunyai kemampuan analisis untuk mengembangkan kompetensi akademik yang diperolehnya tersebut dalam tugas-tugas birokrasi pemerintahan yang mendorong pengembangan ekonomi dan bisnis dan manajerial perusahaan 
  6. Memiliki sikap yang bertanggung jawab dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan di bidang Ilmu Administrasi.
  7. Memiliki kompetensi teknis dalam bidang kebijakan pemerintahan dan  kebijakan bisnis
  8. Memiliki wawasan dan kemampuan untuk mengaitkan  antara administrasi bisnis dalam hubungannya dengan  perumusan kebijakan publik, dan impelementasi  ebijakan publik yang berkaitan dengan pengembangan dan penciptaan iklim usaha dan investasi dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi 
  9. Memahami pengembangan organisasi dan penerapan tanggung sosial organisasi  dalam mendukung perwujudan tujuan negara.

 

Kompetensi Utama, Penunjang dan Kompetensi Lain Lulusan S3 Ilmu Administrasi

Program Studi yang akan dibuka adalah Program Doktor Ilmu  Administrasi (S3) dengan Konsentrasi Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis. Pembukaan ini sesuai dengan perkembangan sistem pemerintahan Negara RI dewasa ini yang sedang mengalami berbagai perubahan termasuk di dalamnya pelaksanaan otonomi daerah sebagai paradigma baru.  Dengan demikian lulusannya mempunyai kompetensi utama sebagai manajer/administrator di lingkungan pemerintahan (daerah/pusat) maupun swasta, ahli kebijakan publik dan bisnis di perusahaan-perusahaan negara/swasta.

 


Matriks Kompetensi keluaran Program Doktor Ilmu   Administrasi  secara matrik dapat digambarkan sebagai berikut:

No.

Elemen Kompetensi

Kompetensi Utama

Kompetensi Pendukung

Kompetensi Lain

A

1

 

 

 

Substansi Bidang Kajian

Administrasi

  • Menghasilkan Doktor Administrasi yang mampu menganalisis dan memecahkan masalah pemerintahan, pembangunan dan masalah bisnis  dan manajemen dibidang sistem usaha swasta maupun BUMN, khususnya BUMD dalam rangka menghadapi otonomi daerah.

 

  • Menguasai aspek kepemimpinan di bidang publik bisnis yang terkait dengan pengembangan pelayanan publik dan Usaha BUMN/BUMD maupun swasta  yang meliputi: Manajemen Sumber Daya Manusia; Administrasi dan Kebijakan   Publik dan Bisnis Pemsaraan Manajemen Publik, Manajemen. Kebijakan Publik dan Kebijakan Bisnis; Administrasi Keuangan Publik dan Bisnis;

 

  • Memahami seluk beluk sistem pengembangan  Pelayanan Publik dan Bisnis,  Hukum dan Etika Bisnis; Etika Administrasi Publik Teori Teori Organisasi dan Manajemen Perubahan dan Inovasi Organisasi,

 

B

1.

 

 

2.

 

 

3.

 

4.

 

5.

Kurikulum Mata Kuliah

Mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK).

Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKKB).

Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB).

Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)

 

  • Memahami perkembangan ilmu Ilmu Kebijakan Publik dan Ilmu Ekonomi Politik sebagai yang menjadi basis utama dari perkembangan Administrasi, Filsafat dan etika sebagai kajian utama dalam program Doktor Ilmu Administrasi 
  • Menguasai adm publik dan administrasi bisnis, metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan teori pembangunan dan teori bisnis khususnya BUMN/D sebagai dasar pemahaman praktek Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis.
  • Mampu menganalisis persoalan dan perkembangan
    good governance dan “good corporate governance”

 

  • Menguasai dan menyadari bahwa perkembangan pemerintahan dan bisnis sebagai suatu proses tidak bisa terlepas dari proses sosial dan politik
  • Menguasai dasar-dasar, mempelajari Ilmu Administras sebagai suatu seni/ilmu.
  • Mempunyai keahlian dibidang kebijakan, strategi dan kebijaksanaan di bidang Administrasi Publik dan Bisnis
  • Memahami prinsip-prinsip pengelolaan, penorganisasian dan pengembangan kelembagaan publik dan bisnis 

 

  • Memahami aspek teori ilmu sosial kaitannya dengan teori politik, perkembangan pemerintahan dan perkembangan bisnis (ekonomi)
  • Memahami wawasan ruang lingkup kajian Administrasi
  • Memahami cara merumuskan kebijakan dan strategi di bidang pembangunan dan administrasi publik dan bisnis
  • Mampu mengaplikasikan teori-teori dalam bentuk karya ilmiah melalui penelitian dalam menyusun disertasi
  • Mampu bertindak secara beretika, rasional serta memahami kondisi nyata kemampuan masyarakat.

 


Posisi Pekerjaan Lulusan

Posisi pekerjaan lulusan antara lain:

  1. Ahli Organisasi, Manajemen dan Kebijakan di berbagai Instansi pemerintah dan swasta.
  2. Manajer dan Staf Ahli di lembaga Usaha negara (BUMN/BUMD) dan Instansi Pemerintah.
  3. Perencana Pengembangan Sistem Administrasi Publik dan Bisnis .
  4. Konsultan bidang Pengembangan Pelayanan Publik dan Administrasi Bisnis .
  5. Dosen perguruan tinggi negeri/swasta

 


 

Kualifikasi Kompetensi Keluaran Yang Diharapkan

Lulusan Program Doktor Ilmu Administrasi ini diharapkan dapat :

  1. Memahami dan menerapkan prinsip-prinsip, langkah dan prosedur kegiatan ilmiah secara kritis, dan mampu menyusun konstruksi kerangka pikir/teoritis dalam bidang Ilmu yang ditekuninya.
  2. Memahami dan menerapkan prinsip-prinsip, langkah dan prosedur kegiatan ilmiah secara kritis, dan mampu menyusun konstruksi kerangka pikir/teoritis dalam bidang Ilmu yang ditekuninya.
  3. Memahami tekstual dan kontekstual ilmu administrasi sesuai dengan bidang Ilmu yang ditekuninya.
  4. Memahami secara kontekstual Teori Organisasi dalam pengelolaan dan pengembangan bisnis.
  5. Menyusun kebijakan dan strategi di bidang organisasi publik maupun bisnis dalam lingkungan  yang selalu berubah.
  6. Menyusun desain organisasi public dan bisnis dalam lingkungan bisnis yang dihadapi dan yang selalu berubah.
  7. Menyusun organisasi public dan bisnis dalam konteks kelembagaan dan perubahan yang dapat mempengaruhinya.
  8. Menyusun kerangka pikir dan analisis yang holistik dan kompleks, mengidentifikasi bagian berdaya ungkit besar (high leverage) dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun bisnis.
  9. Mengemukakan berbagai alternatif strategi administrasi pemerintahan dan bisnis di kancah global.

 

Kurikulum Dan Deskripsi Mata Kuliah Konsentrasi

Kurikulum Program Doktor Ilmu Administrasi secara garis besar di bagi menjadi dua yaitu:

  1. Kurikulum bersama Ilmu Administrasi, bersifat umum dan dilaksanakan bersama. Dilaksanakan pada Semester I dan terdiri dari 4 (empat) mata kuliah dengan bobot total 12 SKS
  2. Kurikulum Konsentrasi Administrasi Publik dan Bisnis, bersifat khusus dan dilaksanakan pada Semester I dan Semester II, meliputi 5 mata kuliah dengan bobot 16 SKS.

 


 

Rujukan Program Yang Digunakan

Pertimbangan Penyusunan Kurikulum :

  1. Implementasi Visi dan Misi Universitas Padjadjaran menjadi World Class University.
  2. Keputusan Menteri  Pendidikan Nasional  Republik Indonesia Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi  jo. Keputusan Menteri  Pendidikan Nasional  RI Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa dan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi  Nomor 108/DIKTI/Kep/2001 tentang Pedoman Pembukaan Program Studi dan/atau Jurusan.
  3. Hasil penelurusan dan komparasi kurikulum dari berbagai Perguruan Tinggi Dalam dan Luar Negeri yang membina program S3 Ilmu Administrasi yang telah terakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Pendidikan Tinggi  Internasional (NASPAA).

 

Dosen

Program Doktor Ilmu Administrasi FISIP Universitas Padjadjaran, saat ini telah memiliki dosen tetap sebanyak 15 orang dengan kualifikasi pandidikan Guru besar 8 orang dan S3 = 7 orang.  Nama tenaga pengajar tersebut adalah;

A. Guru Besar

  1. Prof. Drs. H.A. Djadja Saefullah, M.A., Ph.D. (Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian Sosial, MSDM)

             

  1. Prof. Dr. Drs. H. Dedi Rosadi, M.S. (Kebijakan dan Strategi Bisnis, General System Theory dalam Bisnis)

  1. Prof. Dr. Drs. Josy Adiwisastra (Teori Organisasi Kontemporer)

  1. Prof. Dr. Drs. H. Asep Kartiwa, S.H., M.S. (Teori Manajemen Publik Kontemporer dan  Administrasi Pemerintahan Daerah)

  1. Prof. Dr. Drs. Budiman Rusli, M.S (Teori Manajemen Publik Kontemporer dan Seminar Isu Administrasi Kontemporer)

  1. Prof. Dr. Dra. Hj Erlis Karnesih, M.S (Teori Ilmu Administrasi Kontemporer)

  1. Prof. Dr. J.B. Kristiadi (Keuangan Publik)

  1. Prof. Dr. Drs. H. Tachjan, M.Si. (Teori Ilmu Administrasi Kontemporer)

 

9. Prof. Oekan S. Abdoellah, M.A, Ph.D. (Metode Penelitian Sosial dan Manajemen Perubahan)

  1. Prof. Judistira K. Garna, Ph.D. (Filsafat Ilmu)

B. Dosen Tetap Doktor

  1. Dr. Drs. H. Sam’un Jaja Raharja, M.Si. (Manajemen Perubahan)

  1. Dr. Drs. H. Entang Adhy Muhtar, M.S (Manajemen Perubahan dan Administrasi Pemerintahan Daerah)