Administrasi Publik

Daftar Mata Kuliah Program Doktor Ilmu Administrasi Konsentrasi Administrasi Publik

SEMESTER

KODE

MATA KULIAH

SKS

Pra Pascasarjana

 

  1. Dasar-Dasar Ilmu Sosial
  2. Statistika Sosial
  3. Penulisan Karya Ilmiah

0

0

0

 

 

I

 

Filsafat Ilmu

3

 

Teori Ilmu Administrasi Kontemporer

3

 

Teori Organisasi Kontemporer

3

 

Teori Manajemen Publik Kontemporer

3

 

MSDM Makro

3

 

JUMLAH SEMESTER I

15

 

 

II

 

Metode Penelitian Sosial

3

 

Seminar Isu Administrasi Kontemporer

3

 

 Administrasi Pemerintahan Daerah

3

 

Keuangan Publik

3

 

TOTAL SEMESTER II

12

SEMESTER III – X : DISERTASI

 

  1. Usulan Penelitian

1

  1. Disertasi

30

TOTAL SEMESTER III – X

31

TOTAL SKS

58

Uraian lebih jauh mengenai mata kuliah Program Doktor Ilmu Administrasi Publik adalah sebagai berikut;

  1. Filsafat Ilmu

Membahas sejarah perkembangan dan hubungan di antara agama, filsafat, seni serta ilmu pengetahuan. Pencarian atau penguasaan ilmu, penalaran deduktif dan induktif. Landasan-landasan filsafat ilmu seperti ontologi, metodologi dan aksiologi. Persamaan dan perbedaan ilmu alam dengan ilmu-ilmu sosial dan humaniora, positivitik dengan post positivistik, rasionalistik dengan reflektivistik, heuristik dan hermenitik, nomotetik dengan ideografik, teori dengan metateori. Diterangkan pula pemikiran-pemikiran tentang research method, ferivications, falsifikasi dan program penelitian.

 

  1. Metode Penelitian Sosial

Proses penelitian merupakan mata kuliah dalam tahap-tahap dalam melakukan penelitian yang mencakup penetapan topik dan perumusan masalah penelitian, kajian kepustakaan, perumusan kerangka pemikiran dan hipotesis, pemilihan variabel penelitian, pemilihan metode dan pembuatan rancangan penelitian, pengumpulan dan analisis data serta penulisan laporan. Dalam metode penelitian berupa melakukan rekonstruksi teoritik yang dijadikan sebagai kerangka pemikiran yang ajeg dan orisinal.

 

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Makro

Mata kuliah ini mengkaji berbagai teori serta praktek dalam manajemen sumber daya manusia dengan merujuk terutama pada pendekatan diagnosis, mengaitkan kondisi eksternal, penetapan sasaran dan upaya-upaya yang diperlukan untuk mencapai sasaran sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam MSDM dibahas pula tentang fungsi-fungsi operatif manajemen SDM pada masalah rekruitmen, retensi, sistem insentif dan perencanaan SDM.

 

  1. Teori Manajemen Publik Kontemporer

Menerangkan tentang pengertian paradigma dan konsep-konsep administrasi publik baru (new public administration/manajemen), peranan manajemen publik dalam meningkatkan kinerja pegawai, analisis tentang pengeluaran dan pendapatan pemerintah yang meliputi sebab-sebab kegagalan dalam penyediaan barang publik daln pelayanan kepada masyarakat. Mata kuliah ini juga membahas sistem dan model lembaga serta organisasi publik dari berbagai pendekatan makro dan mikro. Menerangkan secara mendalam paradigma baru manajemen pemerintahan yang berbasis good governance, dengan fokus kajian pada pengembangan kapasitas (capacity building) aparat serta stakeholders lainnya sebagai mitra kerja.

 

  1.  Seminar Isu Administrasi Kontemporer

Mata kuliah ini menyajikan  berbagai isu aktual administrasi yang terjadi di tingkat lokal, regional dan global. Peserta diwajibkan membuat paper yang yang disajikan dalam seminar. 

 

  1. Keuangan Publik

Mengenalkan berbagai kebijakan keuangan publik yang meliputi pembiayaan, pembangunan, berbagai kegiatan sektor publik termasuk BUMD/BUMN. Pembahasan difokuskan pada cara negara mengelola keuangan, dampak perpajakan, investasi perekonomian secara keseluruhan. Topik-topik yang dicakup meliputi; kerangka dasar manajemen keuangan, aspek yang relevan dengan anggaran modal, analisis dan interpretasi laporan keuangan, manajemen modal kerja, stuktur modal, leasing dan kebijakan deviden.

 

  1. Administrasi Pemerintahan Daerah

Mata kuliah ini menelaah tentang konsep daerah, sejarah hubungan pusat dengan daerah, asas penyelenggaraan pemerintahan daerah, kota dan desa, manajemen pemerintahan daerah dan kelembagaan pembangunan daerah. Selain itu membahas pula konsep-konsep tentang birokrasi dikaitkan dengan administrasi pemerintahan daerah, posisi pejabat dalam sistem demokrasi di Indonesia.

 

  1. Seminar Usulan Penelitian

Setelah menyelesaikan perkuliahan, mahasiswa diwajibkan menyusun usulan penelitian untuk penulisan disertasi. Seminar UP ini wajib dipresentasikan di hadapan 7 atau 8 dosen penguji sebelum dinyatakan layak untuk dilakukan penelitian selanjutnya.

 

  1. Disertasi

Penyusunan disertasi dapat dilakukan setelah mahasiswa memenuhi seluruh persyaratan administratif dan akademis. Disertasi merupakan hasil penelitian mandiri (original) peserta didik yang diawali seminar UP, penelaahan, ujian naskah disertasi serta ujian disertasi dalam sidang senat terbuka Universitas Padjadjaran di depan 7-8 tim penguji termasuk promotor dan ko-promotor.

 

 


 

A.1. Roadmap Keilmuan Program Doktor (S3)

Program Studi Ilmu Administrasi Konsentrasi Administrasi Publik

Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Padjadjaran

 


Roadmap Kurikulum Program Doktor (S3)

Program Studi Ilmu Administrasi Konsentrasi Administrasi Publik

Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Padjadjaran