Sosiologi

Visi Program Studi

Pada tahun 2020 menjadi lembaga pendidikan pascasarjana bidang Sosiologi yang diakui secara internasional, unggul dan mampu merespon berbagai dinamika sosial, pembangunan dan lingkungan.”

 

Misi Program Studi

 

Misi Program Studi Doktor Sosiologi FISIP Unpad adalah sebagai berikut:

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan pascasarjana Program Studi Doktor Sosiologi yang bermutu dengan sistem manajemen pendidikan pascasarjana yang profesional berbasis transparansi dan akuntabilitas.
  2. Mengembangkan pendidikan pascasarjana Program Studi Doktor Sosiologi yang adaptif dan sejalan dengan perkembangan keilmuan Sosiologi, perubahan sosial dan dinamika pembangunan serta persoalan lingkungan di tingkat lokal, nasional dan global.
  3. Menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi dan pemangku kepentingan lainnya di tingkat nasional dan internasional dalam penyelenggaraan pendidikan Sosiologi.
  4. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna menopang pendidikan dan kemajuan ilmu pengetahuan bagi para pemangku kepentingan.
  5. Melaksanakan manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (quality assurance)

 

Tujuan Program Studi

Secara umum, Program Studi Doktor Sosiologi FISIP Unpad bertujuan menghasilkan lulusan Doktor Sosiologi yang berdaya saing tinggi dan memiliki landasan moral, etika, dan tanggung jawab sosial yang baik.

Secara khusus, Program Studi Doktor Sosiologi FISIP Unpad bertujuan:

  1. Menghasilkan lulusan Doktor Sosiologi yang memiliki pengetahuan dan pemahaman filosofis tentang konsep-konsep dan teori-teori Sosiologi serta metodologi penelitian Sosiologi yang memadai.
  2. Menghasilkan lulusan Doktor Sosiologi yang mampu menganalisis secara tajam dan memberi solusi atas berbagai persoalan kemasyarakatan, pembangunan dan lingkungan di tingkat lokal, nasional, maupun global.
  3. Menghasilkan lulusan Doktor Sosiologi yang mampu mengembangkan, mengajarkan, dan mendiseminasikan Sosiologi.

Menghasilkan lulusan Doktor Sosiologi yang mampu menjadi administrator pembangunan dan motor penggerak masyarakat serta konsultan pemberdayaan masyarakat dan masalah kemasyarakatan, pembangunan, dan lingkungan.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan yang ditetapkan di atas, sasaran yang ditargetkan oleh Program Studi Doktor Sosiologi adalah:

 

Sasaran

  • Tercapainya penyelenggaraan pendidikan pascasarjana Program Doktor Sosiologi yang bermutu dengan sistem manajemen pendidikan pascasarjana yang profesional berbasis transparansi dan akuntabilitas.
  • Tercapainya pengembangan pendidikan pascasarjana Program Doktor Sosiologi yang adaptif dan sejalan dengan perkembangan keilmuan sosiologi, perubahan sosial dan dinamika pembangunan serta persoalan lingkungan di tingkat lokal, nasional dan global.
  • Terbangunnya kerjasama Program Studi Doktor Sosiologi Unpad dengan universitas di dalam dan luar negeri dalam penyelenggaran pendidikan Sosiologi.

 

Dalam upaya mencapai Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran di atas, strategi yang ditetapkan adalah sebagai berikut:

 

Strategi Jangka Pendek (2010-2015):

Tahun 2010

  • Melakukan benchmarking terhadap universitas-universitas ternama di dalam dan luar negeri dalam bidang Sosiologi.
  • Mengembangkan dan meninjau ulang GBPP dan SAP setiap mata kuliah. Secara teratur strategi ini dilakukan setiap tahun agar senantiasa adaptif dan sejalan dengan isu-isu isu-isu sosial, pembangunan dan lingkungan yang mutakhir.
  • Meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa untuk mengakses berbagai publikasi (buku dan artikel jurnal ilmiah), khususnya yang terkait dengan kajian Sosiologi, melalui pengembangan perpustakaan (Fakultas) dan jaringan virtual/internet, terutama akses kepada jurnal-jurnal elektronik berlangganan.

Melanjutkan upaya memberikan informasi dan peluang kepada mahasiswa untuk mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah seperti seminar akademik, memperoleh Hibah Pascasarjana atau mengikuti program kerjasama seperti Sandwich Programme dengan universitas-universitas di luar negeri. Strategi ini dilakukan secara berkelanjutan pada tahun-tahun berikutnya.

Tahun 2011

  • Menghadirkan dosen-dosen tamu dari dalam dan luar negeri sebagai pembicara dalam perkuliahan umum (stadium generale) maupun sebagai pengajar tamu dalam mata kuliah tertentu. Strategi ini dilakukan secara berkelanjutan pada tahun-tahun berikutnya.

 

Tahun 2012

  • Membuka mata-mata kuliah pilihan baru sesuai dengan perkembangan isu-isu sosial, pembangunan dan lingkungan yang mutakhir.
  • Merumuskan payung penelitian (road map) Program Studi dengan merujuk pada payung penelitian (road map) universitas dan fakultas.

 

Tahun 2013

  • Mengembangkan dan melaksanakan kegiatan intra- dan ekstra-kurikuler untuk mahasiswa dalam upaya meningkatkan kemampuan menganalisis literatur dan menuliskan hasil telaah pustaka dan penelitian lapangan dalam bentuk buku dan artikel jurnal ilmiah nasional dan internasional.
  • Mengembangkan e-learning.

 

Tahun 2014

  • Mempublikasikan hasil-hasil penelitian dosen dan mahasiswa dalam bentuk buku dan atau artikel jurnal ilmiah (cetak dan elektronik)

 

Tahun 2015

  • Melakukan komunikasi dalam upaya membangun kerjasama dalam pendidikan Sosiologi dengan universitas lain di dalam negeri
  • Meninjau ulang dan mengembangkan kurikulum secara keseluruhan disesuaikan dengan perkembangan isu-isu sosial mutakhir.

 

Strategi Jangka Menengah/Panjang (2016-2020):

  • Mengembangkan kerjasama dalam pendidikan Sosiologi dengan universitas lain di dalam negeri.
  • Melakukan komunikasi dan membangun kerjasama dalam pendidikan sosiologi dengan universitas lain di luar negeri (kerjasama pertukaran dosen dan mahasiswa).

Melanjutkan strategi yang dilakukan pada periode 2010-2015.